Acura menjadi merek pertama dalam sejarah tes tabrak, yang semua modelnya mendapat rating tertinggi dari NHTSA dan IIHS. Model terakhir yang mendapat rating tertinggi adalah Acura TL.
Model terbaru Acura ini mendapat bintang lima dari NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration), pada 25 Maret 2009 untuk perlindungan tabrak samping bagi penumpang depan dan belakang. Sebelumnya 2009 Acura TL sudah mendapat bintang lima untuk tabrak depan dan rollover resistance. Ini menempatkan Acura TL sebagai yang terbaik.
November 2008, Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) memberi penghargaan 2009 Acura TL dengan rating good untuk frontal offset crash test, side impact dan rear crash. Semua model dilengkapi dengan Vehicle Stability Assist� (VSA) yaitu sistem stability control elektronik dan karena itu IIHS memberi penghargaan tertinggi yaitu Top Safety Pick.
�Pencapaian Acura ini berarti, apapun modelnya, pembeli Acura mendapatkan perlindungan tertinggi untuk tipe kecelakaan paling sering terjadi di dunia nyata,� tutur president IIHS, Adrian Lund.
�Tidak ada merek lain yang bisa menandingi pencapaian Acura,� kata John Mendel, executive vice president of automobile sales. �Bila konsumen memikirkan tentang keselamatan, mereka harus benar-benar mempertimbangkan Acura.�
Hasil luarbiasa yang dicapai Acura merupakan buah dari inisiatif Acura, �Safety Through Innovation�, yang berbasis pada komitmen Acura untuk memberikan perlindungan terbaik pada konsumennya.
Punya fasilitas test tabrak sendiri
Tahun ini, semua model Acura mendapat perlengkapan standar struktur body Advanced Compatibility Engineering yang dilengkapi dengan Vehicle Stability Assist, ABS, dual-stage airbags dengan Occupant Position Detection System (OPDS) pada sisi penumpang, peyangga kepala, load limiter seatbelt, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan Daytime Running Lights (DRL).
Acura memiliki fasilitas tes tabrak yang sangat-sangat canggih. Yang pertama adalah fasilitas tes tabrak mobil dengan mobil di ruang tertutup yang pertama di dunia. Terletak di Tochigi, Jepang. Lab ini berperan pengembangan disain baru yang memberi perlindungan maksimal terhadap penumpang, pedestrian maupun mobil dengan mobil.
Fasilitas lain, terletak di Raymond, Ohio. Automotive Safety Research Facility bertanggungjawab terhadap pengembangan semua model untuk USA. Fasilitas ini dilengkapi dengan pitching test sled pertama didunia yang berguna menguji komponen interior lebih dulu sebelum dilakukan test tabrak dengan mobil sesungguhnya. Ini membantu meningkatkan efisiensi karena pengujian bisa dilakukan berulang-ulang, cepat dan murah.
Tidak heran, Acura memiliki teknologi keselamatan paling canggih diantara merek lain. Diantaranya; mobil produksi massal pertama yang menggunakan ABS 4-chanel, yang pertama menggunakan airbag dual stage untuk pengemudi dan penumpang, SUV mewah pertama mendapat 5-bintang dari NHTSA dan mobil produksi massal pertama yang dilengkapi dengan Occupant Position Detection System (OPDS).
Acura saat ini sedang mengembangkan beragam cara mengurangi resiko cidera pada pedestrian seperti engsel kap mesin yang patah jika tabrakan dan wiper yang bisa lepas. Targetnya mengurangi tingkat fatalitas pedestrian hingga 60%. Untuk lebih memahami dinamika benturan dengan pedestrian, Acura mengembangkan POLAR II safety test dummy yang diakui sebagai pedestrian safety test dummy paling canggih di dunia.
Saat ini Honda hanya memasarkan Acura di USA saja. Ada lima model yaitu sedan Acura RL, TL, TSX, crossover RDX dan SUV MDX.
No comments:
Post a Comment