auto

auto

Thursday, September 2, 2010

Yaris ungguli Jazz pada Februari


Yaris, mobil hatchback andalan Toyota, pada Februari 2010 mampu mengungguli kompetitor terberatnya, Honda Jazz, dengan mencetak penjualan wholesales (pengiriman pabrik ke diler) tertinggi mencapai 1.518 unit.

Sesuai data anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Honda Jazz pada bulan ke-2 tahun ini sebanyak 1.373 unit. Meski kalah pada penjualan Februari, Honda Jazz masih mengukuhkan dominasinya di kelas hatchback dengan volume 3.648 unit, meraup 44% market share sepanjang tahun berjalan 2010.

“Pasar otomotif Indonesia pada Februari sangat positif, berbagai pencapaian berhasil dibukukan, salah satunya Yaris yang berhasil mencetak pertumbuhan luar biasa di kelasnya. Pencapaian ini membuat kami akan terus mengembangkan produk dan juga layanan terbaik untuk pelanggan ,” ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam pernyataan resmi kepada Bisnis.com, baru-baru ini.

Berdasarkan penjualan ritel (diler ke konsumen), Toyota mampu melego sebanyak 985 unit Yaris pada bulan lalu. Dibandingkan dengan posisi Januari, penjualan ritel Yaris tumbuh 25,6%. TAM mengklaim pertumbuhan tersebut sebagai yang tertinggi di kelas 4x2 compact medium multi purpose vehicle (MPV).

Untuk memperkuat posisi Yaris di kalangan anak muda, TAM menghadirkan model Yaris pada ajang Brightspot Market yang digelar di Pacific Place Lobby , pekan lalu. Bekerja sama dengan empat desainer grafis muda, Toyota Yaris tampil dengan balutan sticker hasil karya para seniman.

Di sisi lain, peningkatan penjualan juga dicatat TAM untuk model MPV fenomenalnya, Avanza. Sebanyak 10.850 unit Avanza terjual pada bulan lalu. Angka ini naik 9,4% dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu 9.914 unit. Kinerja Avanza ini menjadi penjualan tertinggi yang pernah dicapai oleh produk tersebut, setelah muncul pertama kali pada 2004 di Indonesia.

Adapun Toyota Kijang Innova berhasil meraup penjualan 4.140 unit, naik tipis 3,9% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Realisasi tersebut melengkapi penjualan MPV Toyota yang mencetak kenaikan penjualan sebesar 7,9% dengan volume 15.015 unit sepanjang Februari 2010.

Di kelas sedan, Toyota meraih kenaikan penjualan 2,8% dengan volume 1.141 unit dibandingkan dengan posisi Januari lalu. Secara total, Toyota berhasil membukan penjualan ritel 21.131 unit sepanjang Februari 2010, meningkat 8,6% dibandingkan dengan bulan sebelumya. Berdasarkan penjualan wholesales, Toyota mampu melego sebanyak 21.800 unit kendaraan (termasuk merek Lexus).


source : www.web.bisnis.com

No comments:

Post a Comment