auto

auto

Friday, September 3, 2010

Toyota Alphard welcab hadir di Indonesia


Toyota Alphard di Tanah Air sudah bukan barang langka lagi. Populasinya bahkan bisa mengalahkan mobil-mobil lainnya dengan harga lebih murah. Namun varian Luxury MPV untuk kalangan dengan keterbatasan fisik ternyata juga dihadirkan yakni Toyota Alphard WelCab. Varian ini bukan yang termewah, namun mampu mengakomodasi kebutuhan para disabled. Tampilannya nyaris tidak berbeda dengan varian standar. Tapi ketika masuk ke kabinnya, kursi kiri di deret kedua merupakan bangku yang berfungsi sebagai kursi roda. Kursi ini dapat keluar-masuk mobil secara elektrik. Tapi ironisnya, hanya kursi ini yang dapat diatur secara elektrik. Uniknya, roda dari kursi ini dilipat masuk seperti roda pesawat terbang. Sesaat sebelum touch down, roda tersebut keluar. Tak hanya sampai di situ, kursi ini juga dapat dijalankan secara elektrik. Untuk kembali ke dalam mobil, tinggal mundur kembali ke dudukan lift-nya, kursi ini langsung terkunci dan siap diangkat kembali ke dalam mobil. Sementara kelengkapan lainnya tetap sama. Seperti dasbor mewah tetap menjadi standar pada varian ini. Bahkan head unit terintegrasi dengan sistem dan memiliki 18 speaker yang tertanam di sekujur interiornya. Penumpang belakang dimanjakan oleh monitor 10 inci di antara 2 sunroof. Begitu pula fitur bantuan pengemudi seperti untuk bermanuver di tempat sempit dengan aman, tersedia 3 kamera di bawah emblem depan, spion kiri dan di atas pelat nomor. Namun Alphard WelCab sudah dilengkapi Intelligent Park Assist (IPA) seperti pada Lexus Hybrid. Sistem ini mampu memarkirkan kendaraan secara otomatis. Tiga hal yang harus dilakukan pengemudi adalah memindahkan tuas transmisi ke “R”, mengatur posisi target parkir di monitor dan mengatur kecepatan mobil dengan pedal rem. Walau menggunakan antarmuka berbahasa Jepang, namun aplikasinya sama dengan yang dimiliki Lexus LS 600h L. Bedanya sistem di Alphard ini lebih maju dengan implementasi navigasi satelit sebagai indera tambahan. Walau fungsi GPS ini, tidak bisa diaplikasikan di Indonesia. Sebagai pengemudi, sensasi mengendarai mobil ini tak berbeda dari Alphard 2.4 G keluaran ATPM maupun IU. Mesin berkode 2AZ-FE memiliki tenaga cukup besar, 168 dk, yang enak dinikmati saat sudah melaju konstan di kecepatan tinggi. Dan torsi sebesar 224 Nm terasa lembut berkat transmisi Super CVTi.


source : www.autobildindonesia.com

No comments:

Post a Comment