auto

auto

Friday, September 3, 2010

Nissan JUKE hadir di Indonesia


Radar kami pun mendeteksi keberadaannya di salah satu ruang pamer Importir Umum di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Dan benar saja, ketika kami mendatanginya, sosok yang selama ini menjadi perbincangan hangat di antara car enthusiast ini benar bisa dibeli.
Deskripsi tubuh Juke telah kami ulas di beberapa edisi lalu. Termasuk tampilan tak biasa yang secara positif dapat dilihat sebagai salah satu nilai jualnya.
Kini kami lebih memfokuskan diri untuk merasakan pengendaraan yang ia tawarkan. Meski berbagi platform dengan saudaranya yang hatchback tulen, March, namun Juke sejatinya adalah sebuah crossover.
Berbeda dengan crossover Suzuki SX4, yang kental dengan nuansa hatchback, tongkrongan Juke lebih mirip sebuah SUV. Utamanya karena ground clearance yang tinggi dan siluet tubuh nan gagah.
Kami pun mengunjungi kabinnya yang futuristik. Jok depan terasa nyaman dan mampu menyangga ergonomi tubuh dengan baik. Namun di kursi belakang, meski tetap nyaman namun keterbatasan ruang kepala membuat Juke terasa sempit.
Saatnya menyalakan tenaga penggerak. Ketika tombol Start-Stop Engine dihidupkan, mesin bensin 1.500 cc-nya terdengar halus dan nyaris tanpa getaran. Visibilitas mengemudi pun terhitung baik karena terbantu oleh bentuk lampu senja yang menyembul di samping-atas kap mesin. Lampu ini seolah menjadi penanda ujung mobil.
Power 114 dk yang dikerahkan termasuk besar untuk ukuran mesin 1.500 cc. Namun mengingat tenaga itu baru muncul di 6.000 rpm, kami merasakan putaran bawahnya sedikit tertahan. Tapi ketika digas penuh, potensinya benar-benar terlihat. Klaimnya 0-100 km/jam dicetak dalam 10,5 detik, dan kami yakin perolehan itu benar terjadi.
Begitu juga dengan kinerja transmisinya. Nissan Xtronic CVT 6-percepatan yang disandang mampu mengantarkan tenaga dengan sangat halus. Nyaman dipakai ditengah kemacetan tapi tetap enak ketika tiba-tiba butuh akselerasi instan. Konsumsi bbm-nya juga amat menggembirakan. Juke mampu menempuh 19 km untuk setiap liter bensin beroktan 92.
Salah satu fitur yang menarik adalah Nissan Dynamic Control System (NDCS). Sistem ini memberi kuasa pada pengemudi untuk memilih mode berkendara: Sport, Normal, atau Eco. Ketiga mode ini menentukan setting mesin, transmisi, dan climate control.
Tapi ingatlah, Juke yang satu ini diimpor dari negeri Matahari Terbit. Artinya ia menggunakan huruf Kanji sebagai pengantar.


source : www.autobildindonesia.com

No comments:

Post a Comment