auto

auto

Wednesday, September 1, 2010

Recall Honda City 2007-2008


Masalah recall HONDA City 2007-2008


PT Honda Prospect Motor, agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia, secara resmi telah mengumumkan akan menarik (recall) Honda City keluaran 2007-2008.

Penarikan ini karena kecacatan pada power window yang digunakan City produksi Indonesia seperti pada Honda Jazz di sebagian besar belahan dunia.

Memang, di Indonesia kasus kebakaran yang terjadi akibat konsleting pada power window belum pernah terjadi. Namun sebagai tanggung jawab perusahaan, Honda Indonesia akan menarik City untuk diperbaiki.

Mengapa setelah sekian lama kecacatan power window ini baru diketahui? Mengapa bisa sampai lolos oleh insinyur-insinyur Honda?

Pengamat otomotif Soehari Sargo mengatakan, sangat wajar kerusakan komponen baru diketahui setelah mobil 2-3 tahun beredar. Mobil terdiri dari berbagai komponen yang dibuat oleh ratusan produsen komponen.

"Jadi bisa saja ini luput dari pengawasan dan baru disadari sekarang,” kata Soehari dalam perbincangannya dengan VIVAnews, Kamis 4 Februari 2010.

Penarikan Honda City di Indonesia merupakan langkah yang tepat. Menurut dia, lebih baik Honda memperbaiki terlebih dulu daripada menunggu korban. Ini menunjukkan sikap proaktif Honda.

Soehari mengatakan, risiko terjadi masalah akibat kerusakan power window di Indonesia, seperti yang terjadi pada Honda Jazz di Afrika, sangat kecil. “Bisa saja kebakaran itu bukan karena kesalahan power window itu. Mungkin karena teknis penggunaan yang tidak benar,” ujarnya.

"Masalah seperti ini tidak bisa diberlakukan secara global, karena penggunaan dan keadaan tiap negara berbeda-beda."

Sebelumnya, pada 29 Januari, Honda Motor Co Ltd mengumumkan program penarikan untuk perbaikan terhadap Honda Jazz di beberapa negara. Alasannya, telah terjadinya cacat produksi pada tombol jendela yang bisa memicu arus pendek dan menimbulkan kebakaran.

Dalam pernyataan tertulisnya, Honda mengkhawatirkan kondisi terburuk itu bisa terjadi pada saat cuaca ekstrim, terutama pada saat hujan deras dan salju.

Bila air yang masuk melalui jendela itu dalam jumlah besar, seperti dikarenakan mencairnya salju atau banjir, maka tombol jendela dekat posisi stir akan menyebabkan arus pendek, panas tinggi, dan terbakar.

Penarikan ini salah satunya dipicu kasus di Afrika Selatan. Pada September 2009, seorang anak bernama Vanilla Nurse harus tewas, saat sedang tidur di mobil yang terbakar.

Belakangan, Honda Indonesia juga merilis akan menarik Honda City keluaran 2007-1008. Ini karena power window Omron yang digunakan Jazz di sebagian besar negara digunakan juga pada City produksi Indonesia.

Sebenarnya tidak hanya Honda yang mengalami masalah. Toyota pun harus menghentikan penjualan Camry bersama tujuh model lain di Amerika Serikat. Penangguhan ini karena adanya masalah pada pedal gas. Sebagian pedal gasnya tetap tertekan meski pengemudi sudah melepasnya.

source : www.vivanews.com

No comments:

Post a Comment