auto

auto

Friday, September 3, 2010

Era baru Peugeot 3008


Tanpa ragu, begitu ada kesempatan kami langsung menguji potensi yang dimiliki crossover terbaru Peugeot yakni 3008 di jalan. Semua yang ditawarkan 3008 memang tidak bisa langsung diterjemahkan secara gamblang. Crossover bercita rasa Prancis ini memiliki penampilan tidak biasa. Tapi tentu semua desain yang dibuat bukanlah tanpa alasan.

Overhang depan cukup panjang berfungsi sebagai peredam benturan dengan kemampuan menyerap gaya hantaman hingga 100% pada kecepatan 64 km/jam. Kemampuan ini membuat kabinnya terlindung dan tak mengalami kerusakan atau deformasi.

Teknologi keselamatan yang dimilikinya juga tidak main-main. Bahkan Euro NCAP memberikan rating 5 bintang dengan pencapaian hingga 97%. Salah satu yang sangat berguna dalam pemakaian sehari-hari adalah sabuk pengaman 3 titik untuk pengemudi dan penumpang depan dengan pretensioner dan gyrometer di pangkal pilar B. Perangkat tersebut berfungsi membatasi kekencangan ikatan seatbelt kala terjadi kecelakaan, dan mengendurkannya kembali sehingga lebih mudah dilepas.

Inovasi interior yang modern, menghasilkan daya pandang yang luas bagi pengemudi maupun seluruh penumpang. Konsol tengah yang tinggi juga berfungsi sebagai handrest bagi pengemudi. Sementara hendel di konsol tengah di sebelah kiri transmisi seakan-akan menegaskan batas wilayah pengemudi dan penumpang depan.

Tersedianya ruang penyimpanan besar di konsol tengah, mengakibatkan kabin terasa sedikit sempit. Beberapa tempat penyimpanan lainnya antara lain glove box kecil di depan penumpang depan, di bawah kemudi untuk menyimpan dokumen kendaraan, door pocket besar di pintu depan, serta 2 kompartemen penyimpanan besar di bawah kaki penumpang belakang.

Sistem AC dual zone di 3008 sudah dilengkapi fitur Air Quality System (AQS). Sayang fitur ini belum dapat mendeteksi bau tak sedap dari luar mobil. Sehingga ada kemungkinan bau tak sedap ini masuk ke kabin melalui ventilasi otomatisnya.

Akustik kabin yang baik menunjang keheningan di dalamnya. Saat melaju, kebisingan dari jalan maupun angin terbilang minimal. Melengkapi kenyamanan ini, di kedua jendela belakang disertakan sepasang rear side blind untuk meningkatkan privasi penggunanya.

Peran Active roll hydrolic shock absorber sebagai stabilisator hidraulis cukup terasa saat bermanuver. Sistem ini berfungsi sebagai peranti untuk menambah kekerasan sokbreker yang berguna menjaga agar bodi 3008 yang cukup tinggi ini tetap stabil.

Efisiensi 3008 juga tetap bisa diandalkan. Performa mesin EP6CDT 1.598 cc 4 silinder turbo ini mampu melaju 17,33 km untuk setiap liter bahan bakar beroktan 95 di jalan tol dalam kota. Hasil tersebut dicapai pada kecepatan rata-rata 100 km/jam dengan putaran mesin konstan pada 2.200 rpm. Speed limiter yang diatur pada kecepatan 100 km/jam tidak mengizinkan 3008 melebihi kecepatan tersebut kecuali saat dibutuhkan kickdown yang dalam untuk mendahului.

Pada rute dalam kota yang kami lalui dengan kecepatan rata-rata 19 km/jam, 3008 mampu memberikan figur konsumsi bahan bakar 8,9 km/liter. Angka ini diperoleh setelah menempuh jarak 63 km.

Namun di balik efisiensi yang dihasilkan, tersembunyi potensi yang cukup besar. Bermodalkan tenaga 156 dk di 5.800 rpm dan torsi 240 Nm pada 1.400 rpm, 3008 mampu mencapai 100 km/jam dari posisi diam dalam 9,37 detik.

Untungnya performa tersebut masih dibarengi kemampuan deselerasi yang setara. Dengan ABS, EBD, dan HBA, 3008 dapat berhenti dari 100 km/jam dalam jarak 39,77 meter. Sementara transmisi otomatis hidraulisnya tetap memberikan efek engine brake yang kuat.


source : www.autobildindonesia.com

No comments:

Post a Comment